0% Complete
0/56 Steps

(3/16) Aspek Sosial Budaya (Free)

https://youtu.be/HyRtgGbNe9s

Berdasarkan kisi-kisi SKD CPNS sesuai PermenPAN RB Nomor 23 Tahun 2019, Sosial Budaya, bertujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya).

Bila kita perhatikan tujuan dari aspek penilaian kepribadian tersebut, ada beberapa hal penting yang dapat kita uraikan, yaitu :

  1. Untuk menilai kemampuan peserta untuk beradaptasi dalam masyarakat majemuk. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan sikap menghormati, toleransi, tenggang rasa atau tepa selira dalam menghadapi keragaman agama, suku, budaya, dan sebagainya.

  2. Untuk menilai kemampuan peserta dalam bekerja secara efektif pada lingkungan masyarakat majemuk. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan kemampuan untuk menyaring nilai-nilai sosial budaya yang ada di masyarakat dan nilai-nilai sosial budaya asing yang masuk akibat globalisasi serta mengimplementasikan nilai-nilai positifnya melalui perilaku sehari-hari agar dapat beraktivitas dan bekerja secara efektif.