0% Complete
0/56 Steps

(4/16) Aspek Pelayanan Publik (Free)

Aspek penilaian tentang Pelayanan Publik bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

Bila kita perhatikan tujuan dari aspek penilaian tentang pelayanan publik ini, terdapat dua hal yang penting yaitu untuk :

  1. Menilai kemampuan peserta dalam menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan sikap baik, sopan, ramah, tidak mudah marah, tidak mudah kesal, peduli dan sabar dalam melaksanakan pelayanan publik secara efektif.

  2. Menilai kemampuan peserta dalam bekerja secara efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki. Artinya, aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan sikap adil, cepat tanggap, memahami prosedur, syarat, ketentuan, dan kejelasan informasi penting lainnya terkait pelayanan sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan publik sebagai penerima layanan sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.