0% Complete
0/56 Steps

(3/18) Verbal : Sinonim dan Antonim (Free)

SINONIM – ANTONIM

 

Tes sinonim dan antonim digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia asli maupun serapan. Pada tes sinonim, yang perlu anda lakukan adalah mencari persamaan arti atau kata yang setara makna dengan yang tertera di soal. Sedangkan pada soal Tes Antonim, anda diminta untuk mencari lawan kata dari yang tertera di soal. Kunci sukses mengerjakan bagian tes ini adalah perbanyaklah membaca buku, koran, serta artikel-artikel yang ada. Catatlah daftar kata yang Anda tidak ketahui artinya dan bukalah KBBI untuk membantu Anda memahami maksud kata tersebut.

 

Menyelesaikan Tes Sinonim-Antonim:

  1. Jika menemukan kata serapan, misal dalam bahasa Inggris, terjemahkan kata tersebut ke dalam bahasa Indonesia dan temukan artinya.
  2. Jangan memilih pilihan yang bunyinya mirip dengan kata di soal karena biasanya yang demikian berfungsi untuk menjebak Anda.
  3. Telitilah dalam memilih jawaban pada soal antonim, biasanya dalam pilihan akan disertakan sinonim dari kata di soal yang fungsinya adalah menjebak anda. Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal dan perhatikanlah perintah setiap soal.